Ginjal merupakan organ seukuran kepalan tangan yang terletak di bagian bawah tulang rusuk, tepatnya berada di kedua sisi tulang belakang.

Organ yang satu ini memiliki fungsi yang cukup penting untuk tubuh, yang dimana berfungsi untuk menyaring produk limbah, kotoran lain dari darah, serta kelebihan air.

Karena fungsinya yang sangat penting, menjaga kesehatan ginjal penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, berikut caranya.

1. Cukupi Kebutuhan Air

Dengan meminum banyak cairan yang masuk ke dalam tubuh kita, hal ini akan membantu ginjal berfungsi dengan baik. Jika urine berwarna seperti jerami atau bahkan berwarna gelap, hal ini mungkin merupakan tanda dari dehidrasi.

Kamu juga perlu minum air lebih banyak dari biasanya saat berpergian di negara panas atau berolahraga berat, hal ini untuk mengganti cairan yang hilang karena berkeringat.

2. Makan Makanan Sehat

Tentunya makan makanan sehat bukanlah hanya untuk menjaga kesehatan ginjal saja, melainkan semua organ tubuh pun ikut sehat juga.

Pola makan yang seimbang akan memastikan kamu mendapatkan semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh kamu.

Perbanyaklah makanan buah dan sayuran serta biji-bijian seperti pasta gandum, nasi dan roti. Kurangi makan-makanan yang asin atau berlemak terlalu banyak.

3. Perhatikan Tekanan Darah

Hal ini mungkin sering di sepelekan. Namun, memerika tekanan darah secara teratur ini cukup penting juga, yang dimana tekanan darah tinggi tidak memiliki gejala, namun bisa meningkatkan risiko masalah jantung dan ginjal.

Kamu juga bisa mendapatkan pemeriksaan tekanan darah sederhana, tidak sakit, dan cepat secara gratis di fasilitas kesehatan terdekat.

Biasanya, jika tekanan darah lebih tinggi dari pada umumnya, dokter umum akan menyarankan kamu untuk perubahan gaya hidup atau jika perlu meresepkan obat untuk menurukan tekanan darah.

Idealnya, tekanan darah dianggap normal saat berada di antara 90/60 mmHg dan 120/80 mmHg.

4. Jangan Merokok atau Minum Alkohol Berlebihan

Cobalah untuk berhenti merokok sepenuhnya atau membatasinya, begitu juga dengan alkohol yang kamu minum.

Dengan mencoba menguranginya, baik pria atau wanita ini disarankan untuk tidak minum lebih dari 14 unit alkohol seminggu secara teratur, yang dimana dengan meminum terlalu banyak alkohol ini dapat merusak kesehatan ginjal.

Minum terlalu banyak alkohol dan terlalu banyak mengonsumsi rokok, hal ini akan sama-sama meningkatkan tekanan darah.

Seperti yang dikatakan sebelumya, tekanan darah harus sering diperhatikan dan di cek ke fasilitas kesehatan, karena tekanan darah yang tinggi merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit ginjal.

Tekanan darah yang tinggi ini juga bisa dibilang merupakan penyebab yang paling umum terjadi dari pasien-pasien yang mengalami penyakit ginjal.

5. Jaga Berat Badan Ideal

Ternyata, menjadi terlalu berat atau kelebihan BB akan meningkatkan tekanan darah, yang dimana hal ini berdampak buruk bagi ginjal.

Cobalah untuk menjaga berat badan tetap sehat dan tidak makan berlebihan dengan tetap aktif.

Indeks massa tubuh merupakan cara yang berguna untuk memeriksa apakah kamu mempunyai berat badan yang sehat.

Kamu juga bisa menggunakan kalkulator berat badan sehat untuk menghitung BMI. Setidaknya, lakukanlah selama 150 menit latihan intensitas sedang, seperti bersepeda, berjalan kaki, ataupun berenang setiap minggunya.

Itulah 5 tips menajga kesehatan ginjal secara sederhana yang bisa kamu jalani. Ingatlah, jika kamu mulai mengalami gejala gangguan ginjal, cobalah untuk memeriksanya dengan dokter agar tidak semakin parah kedepannya.