Hati atau liver merupakan salah satu organ yang vital sekaligus yang paling besar di dalam tubuh kita. Kalau ada gangguan pada hati, terkadang bisa terasa nyeri di bagian itu. Organ hati punya lebih dari 100 fungsi dalam mengatur keseimbangan tubuh.

Kemampuan hati untuk multitasking membuat organ ini jadi termasuk sebagai organ yang paling sibuk di dalam tubuh selain jantung, ginjal, dan otak. Ada banyak cara sederhana yang bisa di lakukan untuk menjaga hati kita. Lalu, bagaimana sih cara menjaga kesehatan hati? Yuk simak di bawah ini.

1.Hati – Hati Konsumsi Obat dan Hindari Zat Beracun

Hati memiliki fungsi untuk mengubah zat obat menjadi zat netral atau zat aktif. Ada banyak obat yang bebas di jual yang bisa menjadi racun untuk hati kalau di konsumsi berlebihan tanpa aturan jelas. Jadi, kalian harus hati – hati dalam memilih suplemen atau obat.

Karena hal ini bisa memperberat hingga merusak kerja hati. Itulah kenaoa, selalu konsultasikan lebih dulu dengan dokter kalian sebelum kalian memulai terapi atau mengonsumsi suplemen tertentu.

Kalian bisa saja terpapar racun saat sedang melakukan aktivitas tertentu seperti membersihkan rumah. Karena, beberapa produk pembersih dan aerosol memiliki kandungan bahan kimia yang berbahaya. Kalau kalian harus memakainya, maka pastikanlah ruangan yang sedang di bersihkan memiliki ventilasi dan jangan lupa pakai masker.

2.Vaksin Sejak Dini

Hepatitis, jenis peradangan hati akan bisa di cegah dengan pemberian vaksin sejak dini. Misalnya seperti vaksin hepatitis B yang di berikan semenjak bayi baru lahir serta di lakukan dalam beberapa tahapan dalam jangka waktu tertentu.

Begitu juga dengan vaksin hepatitis A yang fungsinya mencegah kalian supaya tidak terjangkit penyakit itu. Itulah kenapa, vaksin hepatitis sangat penting. Kalian bisa bawa anak dan bayi kalian ke dokter atau ke sarana kesehatan setempat seperti posyandu agar mendapatkan vaksinasi secara teratur.

3.Hindari Alkohol

Alcohol bisa menyebabkan pengerutan hati atau sirosis. Dalam jangka panjang pun, alcohol bisa menyebabkan kanker hati. Itulah kenapa, menghindari minum alcohol bisa sangat membantu menjaga kesehatan hati kita.

4.Lakukan Hubungan Seks Yang Aman

Penyakit hepatitis B juga bisa menular lewat hubungan seksual loh. Apalagi kalau kalian dan pasangan belum di vaksin, sering gonta ganti pasangan, hingga melakukannya tanpa pengaman. Itulah kenapa, pakailah pengaman supaya terhindari dari risiko penularan penyakit ini. 

5.Minum Banyak Air dan Makan Makanan Bergizi

Air bisa membantu menghilangkan racun serta membantu lancarnya proses penyerapan terhadap nutrisi yang penting. Minum air dalam jumlah yang di perlukan juga bisa membantu menghilangkan efek samping selama terapi atau pengobatan.

Namun perlu di perhatikan, kalau kalian sudah mengalami sirosis atau hati yang mengalami pengerutan, maka sebaiknya kalian mengurangi minum air supaya tubuh tak mengandung cairan terlalu banyak.

Pengaturan makanan, baik secara jumlah maupun jenis yang tepat juga bisa membantu hati untuk mengatur lalu lintas metabolisme dengan baik. Selain itu, juga bisa membantu meringankan kerja hati. Fatty liver atau perlemakan hati biasanya terjadi karena kita tak mengatur jumlah karbo dan lemak yang kita konsumsi.

Itulah berbagai cara yang bisa kalian lakukan untuk menjaga kesehatan hati kalian sejak dini. Kalau sudah merasa sakit, jangan ragu untuk memeriksakannya ke dokter ya. Semoga bermanfaat.