Ubi jalar merupakan sumber makanan yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Umbi jenis ini mudah ditemukan di pasaran dengan harga yang relatif murah. Ubi jalar sangat cocok dikonsumsi oleh berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Di zaman modern ini,  makanan  olahan berbahan dasar ubi jalar sudah menjamur.Dari sandwich, kue, puding hingga minuman. Untuk camilan, ubi jalar bisa dikukus atau digoreng. Dalam minuman, rasa ubi jalar lebih dikenal dengan sebutan rasa “talas”. Ubi jalar mengandung lebih dari 40 persen kebutuhan harian tubuh, seperti vitamin A, serat, dan potasium. Ubi jalar juga mengandung lebih banyak gula alami daripada ubi.Juga, makanan ini mengandung kalori  lebih sedikit daripada kentang: Menurut hasil studi LiveScience, satu  ubi jalar berukuran sedang, atau sekitar 130 gram, mengandung 100 kalori tanpa lemak. 

Menurunkan berat badan

Manfaat ubi jalar untuk diet penurunan berat badan memang sudah dikenal masyarakat umum. Konsumsi ubi jalar dapat menurunkan berat badan dan kandungan lemak untuk mengurangi obesitas. Selain itu, ubi jalar juga menawarkan manfaat  positif untuk fungsi ginjal dan hati.

Menjaga kesehatan mata

Kandungan beta-karoten dalam ubi jalar tidak hanya memberi warna oranye yang khas, tetapi juga membantu menjaga kesehatan mata. Saat dimakan, beta-karoten dalam ubi jalar  diubah menjadi vitamin A. Vitamin A  membentuk detektor cahaya. reseptor di mata. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan xerophthalmia, yang dapat berkembang menjadi rabun senja atau bahkan  merusak kornea mata. Manfaat ubi jalar untuk kesehatan mata dapat diperoleh dengan mengkonsumsi 200 gram atau satu cangkir ubi jeruk, sangrai dengan kulitnya.

Mencegah kekurangan vitamin A             

Manfaat ubi jalar terletak pada kandungan beta-karotennya yang dapat diubah menjadi vitamin A oleh tubuh. Vitamin A tidak hanya baik untuk mata, tetapi juga berperan dalam pemeliharaan sistem kekebalan tubuh.

Memiliki kandungan nutrisi yang tinggi

Ubi jalar kaya akan serat, mineral, dan vitamin. Selain itu, ubi jalar juga tinggi antioksidan untuk membantu melawan efek radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas adalah zat jahat yang menyebabkan peradangan pada tubuh dan dapat merusak DNA.

Meningkatkan kinerja otak

Ubi  ungu memiliki potensi untuk meningkatkan kinerja otak. Manfaat ubi jalar ungu  berasal dari kandungan antosianinnya yang dapat meningkatkan daya ingat dengan menangkal radikal bebas. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menunjukkan manfaat ubi jalar untuk kinerja otak yang sehat.

Melindungi sistem pencernaan

Manfaat ubi jalar juga terletak pada kandungan seratnya yang dapat membantu sistem pencernaan Ubi jalar memiliki kandungan serat yang lengkap yang dapat memperlancar pencernaan dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Berpotensi melawan kanker

Kandungan antioksidan dalam ubi jalar memberi peluang ubi jalar  untuk melawan berbagai jenis kanker. Salah satu penelitian meneliti efek ubi jalar yang dapat membantu kanker usus besar pada manusia. Namun, penelitian lebih lanjut  diperlukan tentang potensi manfaat ubi jalar. Kentang untuk mengobati kanker.

Mengatasi diabetes

Ubi jalar memiliki indeks glikemik yang rendah dan berpotensi untuk mendukung resistensi insulin pada penderita diabetes.Manfaat ubi jalar dalam mengelola diabetes juga didukung oleh kandungan seratnya.

Mencegah tekanan darah tinggi

Kandungan lain dalam ubi jalar, yaitu potasium (sering  disebut sebagai potasium), mewakili manfaat ubi jalar dalam mencegah tekanan darah tinggi.Penelitian menunjukkan bahwa asupan potasium yang tinggi dikaitkan dengan risiko kematian akibat tekanan darah tinggi dan penyakit kardiovaskular.

Nah itulah 9 manfaat dari ubi jalar jika kalian mengkonsumsinya secara rutin,