Paparan Panas yang berlebih dapat membuat luka pada kulit kita, bisa disebut dengan luka bakar. Bisa karena terkena api ataupun cairan panas, bahan kimia dan sebagainya. Korban luka bakar pastinya akan merasakan perih yang berlebih dan menyebabkan kuliat menjadi luka dan merah bahkan hingga terkelupas. Luka bakar bukan luka yang sembarangan karena dalam kondisi serius dapat menyebabkan kematian, ada 3 jenis yang bis akita liat bagian kulit paling luar yang terkena luka bakar, lalu bagian kedua dari kulit teratas yang mengakibatkan melepuh ataupun emmerah dan luka yang ketiga harus ditangani dengan tenaga Kesehatan. Karena jika mengalami luka bakar yang serius dapat mengakibatkan kematian bagi korbannya. Berikut cara mengatasi luka bakar atau pertolongan pertama saat terkena luka bakar.

Mendinginkan area kulit yang terbakar

Mungkin pada saat terkena luka bakar pastinya suhu dalam kulit yang terkena masihlah tinggi maka cederanya dan rasa sakitnya masih berlangsung, oleh karena itu disarankan untuk mendinginkan luka bakarnya dengan air yang mengalir pada suhu ruangan dan jika mendinginkan pakai es atau air dingin car aini memang efektif tetapi akan merusak jaringan pada kulit yang terbakar sehingga luka bakar akan sulit di sembuhkan lebih baik menggunakan air dengan suhu ruang yang menyebabkan kulit menjadi lebih baik.

Jika Melepuh jangan dipecahkan

Apabila mengalami melepuh ataupun luka yang membengkak jangan dipecahkan, karena are yang terkena luka bakar sangatlah sensitive apabila tidak pecah dan belum pecah kalian bisa oleskan gel untuk pelembab dan pendingin luka bakar, jangan mengoleskan pasta gigim mentega atau cairan berminyak lainnya karena banyak yang salah mengira jika luka bakar bisa sembuh dengan pasta gigi dan sebagainya, malah akan memperburuk lukanya.

Gunakan Penutup Luka

Disarankan sekali untuk menutup luka bakar dengan hati hati , tidak terlalu ketat namun tertutup karena menutup luka dapat menyembuhkan luka bakar agar tidak menjadi infeksi yang membesar.

Gunakan lidah buaya

Luka bakar karena cipratan minyak dapat disembuhkan oleh lidah buaya karena lukanya dapat disembuhkan oleh lidah buaya dengan efektif, lidah buaya memiliki anti bakteri dan anti inflamasi, makanya lidah buaya kebanyakan menjadi obat yang penyembuhannya sangat baik untuk kulit, penggunaan lidah buaya sendiri bisa meningkatkan sirkulasi disekitar luka bakar dan dapat mencegah kemungkinan timbulnya infeksi di area luka bakar, untuk mendapatkan hasil yang terbaik maka oleskan gel lidah buaya ke area yang terluka supaya luka terasa dingin dan setelah itu diamkan beberapa menit agar gelnya meresap ke bagian kulit kita sampai mengering dan menjadi lapisan kulit untuk menutupi luka bakar yang diderita korban dan yang pastinya asli lidah buaya ya, karena jika palsu tidak akan ada efeknya sama sekali untuk luka bakar kalian guys. Jika bisa langsung dari tanaman lidah buaya akan lebih terjamin untuk keasliannya guys.  

Teh hijau

Tehh hijau yang banyak kasiatnya sebagai obat luka bakar yang menunjukan bahwa the hijau memiliki anti inflamasi dan anti oksidatif yang tinggi dan penelitiannya dilakukan untuk meninjukan efek tehh hikau pada pasien yang mengalami luka bakar dan dibuktikan bahwa tehh hijau sangan efektif untuk menyembuhkan luka bakar, bahkan hingga luka bakar tingkat kedua sekaliapun